Loading...
Jumat, 09 Mei 2014

Macam - Macam Jenis Kucing

Macam - Macam Jenis Kucing | Jika kita pencinta hewan lucu ini, ada baiknya kalian membaca artikel yang satu ini. Karena di sini akan dibahas berbagai macam jenis kucing.

Sudah tidak sabar???

Mari simak penjelasan macam - macam jenis kucing dibawah ini:

Kucing Toyger

Kucing Toyger, Salah satu jenis kucing yang ada di dunia

Toyger merupakan kucing yang berukuran sedang dengan bulu menyerupai bengal. Toyger sendiri mempunyai temperamen yang baik dengan kesehatan yang baik dan relatif tahan terhadap penyakit.

Ciri - ciri kucing Toyger

  1. Warna ideal adalah warna oranye tua dengan belang hitam seperti pada harimau
  2. Pola belang harus memanjang tanpa ada spot
  3. Telinga kecil dan bulat
  4. Secara keseluruhan Toyger mempunyai struktur pertulangan yang padat dan seimbang.

Kucing yang satu ini merupakan hasil persilangan kucing domestik dengan bengal. Tujuan dari persilangan tersebut adalah untuk menghasilkan harimau kecil yang bisa diajak main dan dipelihara di dalam rumah. Kata Toyger sendiri merupakan singkatan dari “Toy Tiger” (harimau yang bisa diajak main).

Ras Toyger ditemukan dan dikembangkan oleh Judy Sugden, pemilik sebuah Cattery di Amerika yang bernama “EEYAAS Cattery”. Toyger dihasilkan dengan cara menyilangkan kucing domestik belang (tabby) yang berbulu pendek, dengan Bengal Tabby Standar.

Ras ini masih dalam pengembangan.Pertama kali diakui untuk registrasi oleh The International Cat Association (TICA) pada awal tahun 1990-an. Beberapa breeder di AS dan Inggris berusaha mengembangkan ras ini. Toyger mendapatkan status Preliminary New Breed pada tahun 2000. Dan pada bulan Mei tahun 2007 ini diharapkan mendapatkan status penuh dalam kontes kucing (Championship Status).
 

Kucing Tiffany

Kucing Tiffany, Salah satu jenis kucing yang ada di dunia

Ciri-ciri kucing Tiffany :
  1. Berukuran medium
  2. Tipe badan semi foreign
  3. berat badan antara 4-5 kg
  4. Bentuk kepala hampir seperti segi tiga
  5. moncong pendek
  6. dagu kecil
  7. Telinga besar
  8. Tulang pipi lebar
  9. Mempunyai ekor dihiasi bulu lembut
  10. Warna mata adalah gold
  11. Tentu saja ciri khas jenis kucing yang berwarna cokelat

Jenis kucing ini sangat menyukai manusia, walaupun juga tidak terlalu pemalas dan rajin.

Maine Coon

Kucing Maine Coon, Salah satu jenis kucing yang ada di dunia

Jenis kucing Maine Coon berasal dari USA, Maine. Tapi asal usul dari kucing ini sama sekali tidak diketahui, coba bandingkan dengan kucing birman atau turkish van yang kita udah tahu gimana asal-usulnya.
 
Ciri-ciri umum kucing Maine Coon adalah sebagai berikut :
  1. Badan besar dan panjang serat agak berbentuk segi empat
  2. Mata lebar serta oval
  3. Hidung lebar dan melengkung di ujungnya
  4. Ekor panjang dan lebar
  5. Memiliki tulang dan otot yang kuat
  6. Telinga besar (lebar di bawah)
  7. Dahi melengkung
  8. Otot pipi sangat menonjol
  9. Seperti dijelaskan diatas bulunya tebal dan tahan air (sedikit berminyak)
Kucing Maine Coon mampu bertahan dalam salju dan udara dingin sekalipun karena memiliki bulu yang tebal dan anti air, ditambah terdapat bulu yang sangat tebal di bagian kaki, perut kemudian leher.

Jenis kucing ini memiliki badan yang besar. Untuk kucing jantan saja beratnya antara 6-9 kg. Sedangkan untuk kucing betina 4-6 kg. Maine Coon juga memiliki mata dan telinga besar mencerminkan kemampuan penglihatkan dan pendengaran yang lebih.

Kucing Siam

Kucing Siam, Salah satu jenis kucing yang ada di dunia

Kucing Siamese berasal dari negara yang bernama Siam. Anda tidak mengenal negara itu? Sekarang negara itu bernama Thailand. Maka dari itu kebanyakan orang indonesia yang saya ketahui menggunakan kucing siam untuk memanggil jenis kucing ini.

Jadi kucing Siamese dan siam itu satu jenis kucing. Dan hanya dibedakan oleh sebuah nama saja. Apalah artinya sebuah nama bukan? Seperti kesalahan ucap pada kucing anggora.
 
Pertama kali kucing siam ada di eropa adalah saat kucing ini dijadikan hadiah untuk duta besar inggris. Kemudian seperti perkiraan kucing siam ini menjadi popule di inggris kemudian eropa.

Ciri kucing siam adalah sebagai berikut:
  1. Bentuk tubuh panjang, langsing dan berotot
  2. Tubuhnya yang langsing dan anggun
  3. Kepala kecil dan berbentuk segitiga
  4. moncongnya mancung,
  5. Bermata biru
  6. Telinga yang lebar
  7. bulu pendek dan halus
  8. Ada warna kontras di ujung-ujung tubuh seperti kaki, telinga, mulut, ekor,hidung dan sekitar mata
Sifat dari Kucing Siamese atau kucing siam ini adalah selalu ingin tahu dan hiperaktif. Kadang-kadang juga menjengkelkan karena terlalu berisik.

Scottish Fold

Kucing Scotish Fold, Salah satu jenis kucing yang ada di dunia

Ini kucing dengan penampilan burung hantu seperti disebut Scottish Fold. Hal ini juga kadang-kadang disebut Coupari, berkembang biak dengan mutasi gen dengan dominan-alam yang membuat tulang rawan telinganya berisi dan terlipat menyebabkan telinga membungkuk ke depan dan ke bawah ke arah depan kepala mereka. nama aslinya sebenarnya adalah Flops untuk “floppy ” ears. Nama Scottish Fold menjadi nama yang berkembang di tahun 1966.

Sphynx

Kucing Sphynx, Salah satu jenis kucing yang ada di dunia

Kucing aneh ini berkembang biak langka, Sphynx adalah sebutnya yang juga dikenal sebagai berbulu Kanada. Kucing ini terkenal karena masih kurang dimengerti perkembangannya. Sphynx yang pertama yang berhasil berkembang biak adalah kucing berbulu yang pertama kali muncul pada tahun 1966.

Peterbald

Kucing Peterbald, Salah satu jenis kucing yang ada di dunia

Kucing lain yang berkembang biak dan aneh adalah Peterbald. Dia ini berasal dari Rusia. Mereka sebenarnya bukannya tidak berbulu tetapi lebih mirip rambut yang sangat pendek. Seekor Peterbald memiliki cara yang elegan ramping dan kepala yang khas: sempit dan panjang dengan profil lurus, mata berbentuk almond, dan telinga besar. Mereka kehilangan gen rambut dan kulit mereka memiliki warna penampilan abu-abu.

Turkish Anggora

Kucing Turkish Anggora, Salah satu jenis kucing yang ada di dunia

Seperti namanya berarti kucing aneh ini berkembang biak di Turki. Mata Angora Turki yang membuat breed unik. Matanya mungkin biru, hijau atau kuning, atau satu bahkan biru dan satu kuning. Gen bertanggung jawab atas mantel putih dan mata biru berkaitan erat dengan kemampuan mendengar, dan kehadiran mata biru dapat mengindikasikan mata kucing yang biru berati telinga pada sisi tersebut tuli.
 

Oriental Shorthair

Kucing Oriental Shorthair, Salah satu jenis kucing yang ada di dunia

Kucing Unik ini berkembang biak dengan nama Oriental Shorthair disebut-sebut terlihat seperti anjing. Kucing ini menggabungkan tubuh anjing dan kucing dengan keragaman warna dan pola. Dia Ini berkembang biak dengan kecerdasan lebih baik dan merupakan binatang yang sangat ramah. Mereka mempunyai sifat khas ingin tahu, ramah, emosional, menuntut dan seringkali cukup vokal.

Kucing Munckhin

Kucing Munckhin, Salah satu jenis kucing yang ada di dunia

Salah satu dari banyak ras kucing adalah ras Munchkin. Ciri khusus dari  Jenis kucing ini adalah berkaki pendek. Walaupun memiliki kaki pendek tetapi tidak ada masalah maupun gangguan pada tulang punggungnya.

Hal ini diteliti oleh Dr. Solveig Pfluege bahwa selama 7 tahun dia melakukan penelitan pada ras kucing ini. Dia tidak menemukan adanya gangguan pada Munchkin. Gen yang menyebabkan kaki pendek pada kucing ini sama dengan yang ada pada ras anjing Daschund. Sayangnya pada anjing malah mengalami gangguan tulang punggung.

Sifat dari jenis kucing ini adalah sangat suka bermain. Pokoknya enaklah kalau diajak main-main sama majikannya. Ini dikarenakan Munchkin mudah beradaptasi dengan manusia maupun hewan yang lain.

Egyptian Mau

Kucing Egyptian Mau, Salah satu jenis kucing yang ada di dunia

Kucing yang mengagumkan ini adalah satu-satunya jenis alami dari kucing tutul. Asal Mesir.Warna Perak, perunggu, hitam, dan biru. Perangai Sangat aktif, cerdas, menghibur.

Abyssinian 

Kucing Abbyssinian, Salah satu jenis kucing yang ada di dunia

Kucing ini merupakan salah satu jenis yang paling populer. Kucing Abyssinian yang besar dan tegap kemungkinan besar pernah menjadi hewan yang dipuja di masa lampau Mesir.

Mank

Kucing Mank, Salah satu jenis kucing yang ada di dunia

Sebagian orang menyebutnya Rumpy. Ekornya pendek, Warna bulunya cokelat dan lavender. Sifatnya setia, ramah dan pintar.Warna bulunya coklat dan lavender, dan warna rambutnya paling disukai penggemar kucing

British Shorthair

Kucing British Shorthair, Salah satu jenis kucing yang ada di dunia

Dari namanya pastilah tertebak asalnya yaitu Inggris. Kucing ini kalem, lembut, hangat, dan pintar. Warna bulunya ada yang polos (putih,hitam,biru,merah dan krem), dwiwarna, hitam pekat, belang.

Burmese

Kucing Burmese, Salah satu jenis kucing yang ada di dunia

Menurut info kucing ini dikembangkan Dr. Thompson (AS) dari kucing ratu wong mau (Burma) dan siamese. Warna cokelat musang, warna lainnya biru, champagne, lifa, merah, cokelat, dan biru kura-kura.

Turkish Van

Kucing Turkish Van, Salah satu jenis kucing yang ada di dunia

Walaupun mereka mandiri, Turkish Van adalah kucing yang sebaiknya berada di rumah dengan keluarga. Bulu-bulu mereka yang indah selembut sutra membuat kita senang untuk merawatnya, dan kesenangan mereka bermain air sangat menghibur kita. Asal Turki

Birman

Kucing Birman, Salah satu jenis kucing yang ada di dunia

Dikenal sebagai kucing keramat Birma. Sangat tampan dengan pola warna menarik dan jari-jari kakinya yang putih bersih. Kucing Birma masih termasuk jenis yang langka. Asal Birma.

Ragdolls

Kucing Ragdolls, Salah satu jenis kucing yang ada di dunia

Kucing ini merupakan kucing yang paling patuh dari semua jenis kucing. Diberi nama Ragdolls karena kebiasaan khas mereka yang suka berbaring di lengan kita. Kucing ini sangat penyayang dan ramah sehingga bisa menjadi hewan peliharaan kita yang sangat baik.

Ocicat

Kucing Ocicat, Salah satu jenis kucing yang ada di dunia

merupakan kucing hasil persilangan abyssinian dan chocolate point Siamese. Kucing ini mirip dengan kucing kampung belang. Umumnya ocicat berpola belang dengan corak totol gelap dan dasar kream. Rambutnya pendek dan mengilap

Bengal

Kucing Bengal, Salah satu jenis kucing yang ada di dunia

Kucing Bengal adalah kucing liar yang besar berbintik dengan bulu pendek mengkilap.Kucing yang eksotis ini adalah jenis peliharaan berbintik yang paling banyak dan populer. Asal :Amerika Serikat

Persia

Kucing Persia, Salah satu jenis kucing yang ada di dunia

Kucing ini merupakan jenis berbulu panjang yang paling populer. Kucing persia akan sangat senang hidup sebagai kucing rumahan. Mereka bisa akrab dengan kucing lain, binatang lain dan anak-anak. Kucing persia sangat responsif dan menjadi sumber kebahagiaan bagi pemiliknya. Asal Persia.

Angora

Kucing Angora, Salah satu jenis kucing yang ada di dunia

Cara bergerak yang lemah gemulai adalah ciri dari Angora. Bulunya yang selembut sutra, tubuh yang elegan panjang, telinga menunjuk yang tegak lurus dan mata besar cerdas membuat Angora sangat dihargai kecantikan dan keanggunannya. Asal Amerika Utara.

Siberia

Kucing Siberia, Salah satu jenis kucing yang ada di dunia

The Cat berasal Siberia di Rusia. Ini adalah kucing berambut panjang semi, dihargai selama bertahun-tahun dengan ‘manis dan penuh kasih sayang temperamen.

American Bobtail

Kucing American Bobtail, Salah satu jenis kucing yang ada di dunia

Ekor pendek mereka panjangnya bervariasi. Ekor yang sempurnya panjangnya kira-kira cukup jika ekornya tegak sepanjang belakang tubuhnya, sekitar 1/3 hingga 1/2 panjang ekor kucing biasanya.

Demikianlah artikel kali ini yang berjudul "Macam - macam jenis kucing", semoga bisa menambahkan sedikit pengetahuan kita tentang jenis kucing.

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP